Sabtu, 29 Januari 2011

15 Zat Berbahaya Dalam Rokok


Menyusul parahnya penyakit teman saya, dan pakdhe, serta ayah saya ternyata ada benarnya kandungan rokok mungkin berbahaya. Keluhan teman serta ayah saya sebelumnya adalah nafas sesak, sedangkan pakdhe saya terkena paru-paru. Kasihan beliau berdua, malah-malah teman sebaya saya "genap usianya 20 tahun kurang 5 hari meninggal :(" maka dari itu para pembaca hati-hati ternyata dalam rokok ada banyak yang mengandung zat zat berbahaya seperti :

1. ACROLEIN : zat berbentuk cair tidak berwarna diperoleh dengan mengambil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkannya. Pada dasarnya zat ini mengandung alkohol yang pasti sangat mengganggu kesehatan.


2. KARBON MONOXIDA:gas yang tidak berbau. Zat ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat karbon. Jika karbon monoxida ini masuk ke dalam tubuh dan dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot tubuh. Satu molekul hemoglobin dapat membawa empat molekul oksigen. Apabila didalam hemoglobin itu terdapat karbon monoxida, berakibat seseorang akan kekurangan oksigen.


3. NIKOTIN : cairan berminyak tidak berwarna. Zat ini bisa menghambat rasa lapar. Jadi menyebabkan seseorang merasa tidak lapar karena mengisap rokok.


4. AMMONIA : gas yang tidak berwarna, terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Memiliki bau yang sangat tajam dan merangsang. Zat ini sangat cepat memasuki sel-sel tubuh dan kalau disuntikkan sedikit saja pada aliran darah akan membuat pingsan atau koma.

5. FORMIC ACID : cairan tidak berwarna, tajam baunya, bisa bergerak bebas dan dapat membuat lepuh.

6. HYDROGEN CYANIDE : gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasa. Zat ini paling ringan dan mudah terbakar. Cyanide mengandung racun berbahaya dan jika dimasukkan langsung ke dalam tubuh akan berakibat kematian.

7. NITROUS OXIDE : gas tidak berwarna dan jika diisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan membuat rasa sakit. Zat ini awalnya adalah untuk zat pembius pada saat operasi.


8. FORMALDEHYDE : gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini bersifat pengawet dan pembasmi hama.

9. PHENOL: zat ini terdiri dari campuran kristal yang dihasilkan dari distilasi zat-zat organik misalnya kayu dan arang. Phenol bisa terikat didalam protein dan menghalangi kerja enzyme.

10. ACETOL: zat ini adalah hasil dari pemanasan aldehyde dan menguap dengan alkohol.

11. HYDROGEN SULFIDE : gas yang mudah terbakar dan berbau keras. Zat ini menghalangi oxidasi enxym (zat besi berisi pigmen).

12. PYRIDINE : cairan tidak berwarna dan berbau tajam. Zat ini mampu mengubah alkohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.

13. METHYL CHLORIDE : merupakan campuran zat-zat bervalensa satu atas mana hidrogen dan karbon sebagai unsur utama. Zat ini merupakan compound organis yang sangat beracun dan uapnya bersifat sama dengan pembius.

14. METHANOL : cairan ringan yang mudah menguap dan terbakar. Jika diminum dan diisap dapat berakibat pada kebutaan dan kematian.


15. TAR : cairan kental berwarna coklat tua atau hitam didapatkan dengan cara distilasi kayu dan arang juga dari getah tembakau. Zat inilah yang menyebabkan kanker paru-paru.


Sumber : http://diketik.blogspot.com/2010/12/15-zat-berbahaya-dalam-rokok.html

0 komentar:

Posting Komentar


JANGAN LUPA Tinggalkan Komentar di Blog ini.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA....

123

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes