Sabtu, 29 Januari 2011

RAM (Random-Access Memory)

Memori untuk menyimpan informasi yang bersifat temporer yang digunakan oleh komputer pada suatu saat. Isi memori bisa dengan mudah ditulis dan dihapus.
Merupakan memori utama di dalam komputer.
Disebut random access (akses sembarang) karena kita bisa mengakses sembarang alamat sel memori langsung ke alamat (kolom dan baris) sel memori tersebut.
Lawan RAM : Serial Access Memory (SAM), menyimpan data dalam satu deretan sel memori yang hanya dapat diakses secara sikuensial (seperti pita kaset).

Jenis-jenis RAM :
1.SRAM (static RAM)
Menggunakan transistor jamak, biasanya 4-6 buah untuk setiap sel memori tetapi tidak memiliki kapasitor dalam setiap sel. Digunakan terutama untuk cache.

2.DRAM (dynamic RAM)
Setiap sel terdiri dari satu transistor dan satu kapasitor, memerlukan refreshing konstan.

3.FPM DRAM (fast page mode DRAM)
Bentuk asli dari DRAM. Laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 MB per detik.

4.EDO DRAM (extended data-out dynamic random access memory)
Memori ini + 5% lebih cepat dibanding FPM. Laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 264 MB per detik.

5.SDRAM (synchronous DRAM)
Menggunakan burst mode untuk memperbaiki unjuk-kerja. SDRAM 5% lebih cepat dibanding EDORAM dan paling banyak digunakan pada komputer saat ini. Laju transfer maksimum untuk cache L2 + 528 MB per detik.

6.RDRAM (rambus DRAM)
Dirancang oleh Rambus dan berkonfiguransi RIMM (Rambus In-line Memory Module), menggunakan konfigurasi pin dan ukuran yang sama dengan DIMM. RDRAM menggunakan bus data khusus berkecepatan tinggi (disebut Rambus channel). Chip memori RDRAM bekerja paralel untuk mencapai laju data 800 MHz.

7.Credit Card Memory
Modul memori self-contained DRAM yang dibuat proprietary, diselipkan ke dalam slot di komputer notebook.

8.Kartu Memori PCMCIA
Bentuk lain dari modul self-contained DRAM untuk komputer notebook yang tidak dibuat proprietary dan dapat bekerja dengan berbagai jenis notebook dari berbagai merk yang bus memorinya sesuai dengan bus memori kartu ini.

9.FlashRAM
Memori berkapasitas rendah yang digunakan pada perangkat elektronika (TV, radio mobil, dlsb). Komputer menggunakan FlashRAM untuk mengingat hal-hal kecil seperti hard disk setting.

10.VRAM (Video RAM)
Dikenal sebagai multiport dynamic random access memory (MDRAM). Termasuk jenis RAM yang digunakan khusus untuk adaptor video atau akselerator 3-D.
Disebut multiport karena VRAM secara normal memiliki dua jenis memori sekaligus : RAM dan SAM. VRAM diletakkan pada kartu grafik dan memiliki berbagai macam format yang kebanyakan dibuat proprietary. Kapasitas VRAM menentukan resolusi dan kedalaman warna display grafis.

Sumber :http://arifebri.blogspot.com/2010/07/ram-random-access-memory.html

0 komentar:

Posting Komentar


JANGAN LUPA Tinggalkan Komentar di Blog ini.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA....

123

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes