Senin, 03 Januari 2011

FIFA akan Bentuk Komite Anti-Korupsi


Presiden FIFA, Sepp Blatter, mengungkapkan bahwa Federasi Sepak bola Internasional itu akan membentuk komite antikorupsi sebagai bagian dari regulasi baru demi memperkuat kredibilitas organisasi tersebut di mata dunia.

Kabar itu muncul karena FIFA ingin memulihkan citranya dari dugaan adanya korupsi pada proses pemungutan suara untuk menentukan tuan rumah penyelenggara Piala Dunia 2018 dan 2022, di mana
anggota komite, Amos Adamu dan Reynald Temarii, diduga terlibat menerima uang dan akhirnya dihukum FIFA dari semua kegiatan yang berkaitan dengan dunia sepak bola.

"Komite ini akan memperkuat kredibilitas kami dan memberi kami citra baru dalam hal transparansi," ujar Blatter kepada suratkabar Swiss, Sonntags Zeitung. "Saya akan mengurusnya secara pribadi untuk memastikan tidak ada perilaku korupsi di tubuh FIFA," tambah sang presiden FIFA itu.

Blatter tidak akan berada di komite tersebut sendirian, karena komite tersebut juga akan diisi oleh sembilan anggota dari dunia olahraga dan pekerjaan lainnya.

Mengungkit hukuman FIFA yang diberikan kepada dua anggotanya yang terlibat penyuapan, Adamu menjadi anggota FIFA pertama yang dihukum karena kasus tersebut dan dibebastugaskan selama tiga tahun serta denda sebesar sepuluh ribu franc Swiss oleh komite etika FIFA, meskipun pada akhirnya ia bersumpah akan mengajukan banding.

Adamu terbukti bersalah menerima uang untuk suaranya yang menentukan tuan rumah Piala Dunia ketika meminta investor dari Sunday Times menyalurkan uang untuk sebuah proyek melalui perusahaan keluarga.
Rekannya sesama anggota komite eksekutif yang berasal dari Tahiti, Temarii, juga dihukum selama satu tahun dan didenda lima ribu franc Swiss karena melanggar aturan mengenai loyalitas dan kerahasiaan, hal yang kemudian juga dibantah oleh sang tertuduh.

0 komentar:

Posting Komentar


JANGAN LUPA Tinggalkan Komentar di Blog ini.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA....

123

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes